Cara Memelihara Hamster

Cara Memelihara Hamster — Hewan lucu yang satu ini memang sangat lucu untuk dipelihara. Apapun yang dilakukan hewan ini terkesan lucu dan mampu menghibur kita disaat kita sedang galau.

Buat sobat d'Niell yang ingin membeli hamster, namun belum tahu harga hamster, bisa baca-baca dulu tipsnya di blog dniell.com. Bila sobat sudah membeli hamster, dan belum tau cara membedakan hamster jantan dan betina bisa lihat juga tuh informasinya

Namun bila sudah terlanjut membeli hamster, dan ingin merawat hamster dengan baik. Ini dia tips memelihara hamster dari dniell.com :

Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula dalam merawat hamster :

1. Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika Anda tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster Anda, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Ini diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang Anda berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Anda dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa Anda temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda.

2. Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. “Hamster saya suka biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya.” Mungkin Anda tidak tahu kalau tindakan sayang Anda ini justru malah membunuh hamster Anda. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Anda! Menyayanginya bukan berarti memanjakannya!

3. Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik. Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Anda.

4. Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering… Anda pasti rugi telah membeli makanan hamster karena tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Tapi sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan?

Begitu pula dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Ini pasti mempunyai efek negatif di kemudian hari terutama ketika hamster melahirkan dan menyusui. Jika Anda merasa ‘tidak tahan’ dan ingin memberikan snack lebih banyak dari seminggu sekali, Anda bisa menimbang-nimbang secara bijak jenis snack yang Anda berikan. Sesuai dengan sistem pencernaan hamster yang kurang bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang ‘kering’ seperti kacang-kacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali. Yang keempat. Yaitu Minuman dari Hamster itu sendiri. Hamster memperoleh air dari sayuran-sayuran. Kalo misalnya kamu gak terlalu sering ngasi sayur sediakanlah botol minum kusus hamster yang dijual di petshop. Oh ya jangan lupa. Minuman hamster itu Air yang di masak jangan kasi air keran yang masih ada kuman-kumannya. Juga Kebersihan Botol harus senangtiasa bersih. Jangan juga memberikan susu manusia kasi saja susu hamster. Oh ya botolnya jangan sampai bocor. Nanti banjir lagi kandangannya.
Yang Kelima.

Tips Lainnya.

1. Jangan Pernah Hamster itu basah. Boleh sih dimandikan tapi jangan sampai basah banget karena hamster itu sangat sensitive. Kalo udah terlanjur basah segeralah keringkan. Hamster itu sebenernya punya cara sendiri buat mandi loh.

2. Jangan Hamster jantan dan betina di dalam satu kandang. Sudah bisa ditebak pasti mereka berantem deh. Taruhan pasti!!! Jadi sebaiknya dipisahkan aja. Untuk ngawinin pelan-pelan aja kalo mereka berantem jangan dikawinin dulu kalo dah baikan ya! boleh.

3. Ada pertanyaan tinggalkanlah komen!! Doain aja bisa jawab. Hehehe aku juga baru memelihara hamster.

4. Daftar KetidakTahuan


1. Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup… Tidak perlu sampai ‘dijemur’.

2. Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini.

3. Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang ‘hamster pemakan anak’. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu.

4. Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu.

Selamat mencoba tips cara memelihara hamster diatas, semoga hamster anda sehat selalu. Amin

26 Responses to "Cara Memelihara Hamster"

Anonymous said...

kalau begitu mkanan utama bagi hamster apa?(yg tidak perlu dibeli di pet shop ato supermarket)

Anonymous said...

hamsterku jantan dan betina diletakkan dalam
satu kandang,tetapi mereka tidak pernah berantem.
trus bagaimana ?!?
lebih baik dipisahkan, atau tetap dicampur ?!?

Anonymous said...

??

Delsa Titalia, SE said...

Hamster betina n jantan ku truk 1 kandank..
trus gk ampe 1 bln dia hamil..aku jg gak tau kpn hamil'a..trus tb2 beranak aj tu hamster..
Yg aku mw nyk ni :
1. tanda2 dia hamil gmn ?
2. klo dia melhirkan ap di pisahkan am si jantan'a..?

ivonny Weldha Zakri said...

Pertanyaan aku :
1. dari mana tau cara Betina udah mau melahirkan ?
2. Berapa hari dipisahkan sama si jantan ?
3. Kalau udah besar anaknya , boleh gak di 1 kandangin hamster ny sama induk dia?

Balas yah .

vcbc said...

gx di blas >.<

andi said...

mau tanya, bagaimana mengetahui hamil hamster, selain bentuk perut seperti buah pear, apa ada tanda2 lain, thxs

Hanna christine kwanjaya said...

hamsterku ada 4 jantan betina digabungi 1 kandang tapi 1 dead,baru deadnya tu kepalanya ilang. pertanyaannya:
kok bisa sih hamsternya kepalanya ilang???

Anonymous said...

, Kunjungi blogku yyach .
nandhachopy.wordpress.com ( tentang cara memelihara hamster ) makasih . ( numpang promosi )

Anonymous said...

@Hanna : mungkin sebelumnya hamster anda sudah mati . memang sudah kebiasaan jika ada hamster mati, maka bangkai tersebut akan dimakan oleh temannya. makasih semoga bermanfaat.
Kunjungi blogku yah :nandhachopy.wordpress.com makasih . ( numpang promosi ) wkwkwk . :)

Anonymous said...

@ hanna : hamster yang mati ntue kepalanya dimakan ama temannya. emang sudah kebiasaan begitu. kalo ada hamster yang mati, bangkainya akan dimakan sama teman-temannya.

kunjungi blogku yach : nandhachopy.wordpress.com
(numpang promosi) makasih. kalau anda bertanya, insyaallah akan saya balas, makasih

Anonymous said...

@hanna: kepalanya hamster tersebut hilang karena dimakan oleh teman-temannya. memang sudah kebiasaan kalau ada hamster meninggal, maka bangkainya akan dimakan oleh teman-temannya.

kunjungi blogku yyach :nandhachopy.wordpress.com
(numpang promosi) hehehe .

rama said...

makanan yang paling baik apa klau begitu ????

hamsterku masih umur 1bulanan

Tha said...

hamster aku mati tiba2,apa mungkin krna aku jemur???????tragis bngt!!!

Haq n Nay said...

iya cuy.,.,q bru m'mlihara hamster jg.,,
eh tk kirain mw kawin...

y tk tinggl biar g malu d liat...
eang betina ,malah mati.,.,


klo tw kawin atau g nya tu dri mn ya???
tolong tipsx.,.,.^^

Haq n Nay said...

pantesan hamster q kq brantem.,.,
tk kira mw kawin,.,.
tk tinggal eh malah eang betina mati,bnyk drahx lg...
kasian.:(

ne q jg bru m'mlihara hmster...

klo hamsterx mw d kawinin biasax ngapaen hamsterx??

tolng tipsx.,.,^^

mf_poetz said...

hamster saya masih baru,,dkasih kuaci,pertamanya di makan tapi pas dliat lagi malah dikeluarin lagi semua,utuh malah
kenapa yaa??emang gittu apa emang kebanyakan ngasihnya kalii yaa..

Anonymous said...

. Mf_poetz : emang hamster sukanya kayak gitu .

Anonymous said...

hamsterku yg betina kadang - kadang ngeluarin suara kaya ciit ciit ciit gitu. itu kenapa ya? saya takut dia kesakitan atau sedih gitu. tolong penjelasannya tentang suara ciit ciit ciit itu.

Unknown said...

artikelnya bagus...
terimakasih udah sharing....:)

Fitri said...

Artikelnya sangat bermanfaat ^___^
Terimakasih yaa ^__^

Unknown said...

hmster kox d mndiin,, pkex air ,,, hduhhh


:P

Anonymous said...

hamster ak tiba2 pantatny keliatan kyk keluar gt... it knp y?????

Anonymous said...

saya mau tanya dong, saya baru pelihara hamster, kalo hamster dikasih makanan racikan yg dibeli di penjuual makanan hewan si hamster lebih milih biji bunga mataharinya, makanan yang lain ga dimakan. nah sekarang hamsternya ga saya kasih biji bunga matahari lagi supaya dia ga kebiasaan dan supaya kandang ga epet kotor. sekarang hamster saya kasih biskuit. biskuit itu boleh ga sih buat hamster? jawab yaaa

Anonymous said...

tolong jawab yaa.hamster aq kan udh punya anak 6.nah anaknya tuch sama induknya dibuatin sarang n dieramin trus.tp tiba2 kok anaknya ilang semua knp y??

Vee said...

Karena belum pernah memelihara hamster, jadinya masih agak takut. Takut kalau nggak bisa ngerawat, lalu endingnya mati :D
Padahal kalau liat hamster itu ada yang cute >.<

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel