7 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

Alpukat merupakan salah satu buah favorit sebagai bahan pembuatan jus buah. Dikarenakan rasa buah ini yang hambar apabila dimakan secara langsung sebagaian alpukat juga memiliki rasa yang manis. Maka berbagai cara dilakukan untuk menyantap si buah alpukat.

Sudah tahukah anda kandungan apa saja yang tedapat pada alpukat. Apa sajakah manfaat alpukat bagi tubuh manusia? Tentu saja setiap buah memiliki kandungan nutrisi berbeda, dan dimana setiap nutrisi tesebut mempunyai manfaat masing-masing bagi tubuh manusia.

Berikut ini penjelasan beberapa zat dalam alpukat atau avokad yang bermanfaat bagi tubuh kita:

1. Vitamin E dan vitamin A
Dalam daging buah alpukat banyak mengandung vitamin E yang dikenal sebagai vitamin berguna untuk menghaluskan kulit. Gabungan antara vitamin E dan vitamin A sangat baik untuk perawatan kulit. Kombinasi keduanya mampu membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

2. Potasium atau Kalium
Potasium atau dikenal juga sebagai kalium merupakan salah satu mineral penting dibutuhkan tubuh kita yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

3. Lemak tak jenuh
Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung dan juga menurunkan berat badan, meningkatkan sensivitas insulin, mengurangi peradangan.. Lemak tak jenuh tunggal pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

4. Asam oleat
Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

5. Vitamin B6
Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan. Selain itu vitamin B6 juga menambah energi, menguatkan fungsi otak agar tidak mudah lupa, mengatasi depresi lewat serotonin yaitu suatu neurotransmitter yang mampu meningkatkan suasana hati yang lebih baik dan pikirian positif


6. Zat Besi dan Tembaga
Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia. Selain menyebabkan anemia, kekurangan zat besi juga dapat memcicu rambut rontok, menimbulkan rasa lelah dan lemah, serta meningkatkan risiko gangguan kesehatan lainnya.

7. Mineral Mangan dan Seng
Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga dan juga dapat memperkuat tulang, melindungi sel terhadap kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, membantu aktivasi enzim serta membantu metabolisma [referensi tulisan]

Nah sekian banyak manfaat alpukat, masihkah anda tidak ingin mencicipi khasiat jus alpukat. Bila ingin membuat jus alpukat sendiri dirumah, ini rujukan materinya : cara membuat jus alpukat di YouTube.com

0 Response to "7 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel